Podcast Literasi Digital Hadir Agar Netizen #MakinCakapDigital

01 Juni 2021

GNLD Siberkreasi

Share to:

Indonesia telah memasuki era di mana ruang digital telah menjadi bagian dari realita hidup masyarakat. Masyarakat, khususnya generasi milenial kini hidup di suatu realitas di mana fisik dan digital menjadi sebuah kesatuan.
 
Hal itulah yang disampaikan oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan. Menurutnya, literasi digital saat ini sangat dibutuhkan demi menciptakan ruang digital yang lebih baik bagi semua orang.
 
Kita hidup di suatu realitas di mana fisik dan digital menjadi satu, begitu digitalnya terputus, bingung kita. Seolah-olah masyarakat kita punya dua kepribadian, berperilaku di ruang fisik dan di ruang digital, kata Semuel.
 
Semuel menambahkan, keberadaan UU ITE Tahun 2008 mengakui semua kegiatan di ruang digital adalah sah. Hal ini kemudian diiringi dengan semakin banyaknya kegiatan yang dilakukan di ruang digital hingga saat ini, mulai dari belajar, berdiskusi, bekerja, serta kegiatan lainnya.
 
Sekarang ada teknologi, kita bisa melakukan diskusi ini dan mereka bisa nonton kapan saja pas ada waktunya. Jadi, waktu itu tidak dipaksakan, sekarang bisa kapan saja. Jadi, orang belajar tidak dibatasi waktu dan ruang. Nah, ini kenapa kita harus embrace ruang digital lebih banyak lagi, tapi dengan aturan yang sama dengan ruang fisik, ujar Samuel.
 
Hal ini pula yang menjadi salah satu alasan dimulainya Podcast Literasi Digital, yaitu sebuah podcast persembahan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi. Penyampaian informasi melalui platform siniar atau yang lebih dikenal dengan podcast ini, dinilai cukup mengikuti tren saat ini.
 
Podcast ini merupakan bagian dari upaya Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk ikut mendukung dan menyebarkan konten-konten positif di media sosial. Melalui medium ini, diharapkan masyarakat dapat dengan mudah mengakses informasi di mana pun dan kapan pun.
 
Saat ini, Podcast Literasi Digital telah memiliki tiga episode dengan topik pembahasan yang berbeda-beda. Pada episode pertama, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan membagikan ilmunya soal perkembangan dunia teknologi informasi di Indonesia.
 
Semuel bercerita soal pentingnya literasi digital demi menciptakan ruang digital yang lebih baik bagi semua orang. Dia punya analogi yang sangat menarik dengan mengibaratkan bahwa Indonesia sedang mempersiapkan diri untuk berpindah kapal, dari yang bermesin analog menuju ke kapal digital bermesin warp yang jauh lebih cepat.
 
Tugas (Kementerian) Kominfo, selain mencerdaskan masyarakat bagaimana dia berkegiatan di ruang digital dengan baik, tetapi juga sebagai pengendali. Kalau kita hanya fokusnya di pengendalian tanpa meningkatkan kecerdasan masyarakat, energi kita terlalu banyak untuk yang negatif. Nah, ini kita ingin menyeimbangkan, jadi kalau bisa nanti pengendalian lebih rendah karena masyarakat sudah bisa mengendalikan dirinya sendiri,ucapnya.
 
Semuel menegaskan, kelas pembelajaran podcast Literasi Digital ini ditujukan untuk semua orang, semua umur, dengan metode yang beragam. Salah satunya, yaitu pembelajaran melalui audio dengan kemasan podcast yang dinilai lebih mudah dan ringan untuk dimengerti.
 
Semua harus terliterasi, program kita ini targetnya 50 juta orang. Kenapa? Karena impactnya ada, satu orang bisa meliterasi lima orang, harapannya nanti semua orang bisa terliterasi. Ada program khusus buat anak-anak, buat orangtua, berinteraksi dengan teman-temannya, bagaimana bertransaksi di ruang digital supaya aman. Jadi, dengan dia mengadopsi teknologi, diharapkan hidupnya bisa lebih nyaman, tidak ketinggalan dengan lainnya, kata Semuel.
 
Kelas pembelajaran melalui medium podcast ini juga dinilai turut meramaikan industri podcast yang masih bersifat early di mata masyarakat Indonesia. Hal itu seperti disampaikan oleh Vice President of Content NOICE Thomas Raditya pada podcast Literasi Digital episode kedua.
 
Podcast di Indonesia sekarang masih early, yang mana artinya, ke depannya harusnya bisa tumbuh lagi. Kita lihat antusiasme orang saat ini ke podcast, yang bikin banyak, yang dengar juga makin lama makin banyak, ujar Thomas.
 
Thomas menambahkan, sebuah podcast memiliki banyak ruang eksplorasi yang bermanfaat bagi banyak pihak, tetapi hal itu nampaknya masih belum disadari. Menurutnya, semua pihak memiliki potensi lebih dan kesempatan yang sama dengan implementasi podcast di entitas masing-masing.
 
Caranya adalah kita kasih apa yang mereka (pendengar) butuhkan. Sebenarnya cara paling gampang untuk dekatin mereka adalah lihat relevansinya aja mereka butuh apa, mereka mikirnya kayak gimana, ya kita menyesuaikan dengan itu, ucapnya.
 
Tak jauh berbeda, CEO Ekuator Media Budi Putra mencoba membagikan ilmu berdasarkan sepak terjangnya dalam bidang pekerjaannya yang sangat dekat dengan teknologi. Budi menganggap bahwa podcast memungkinkan individu mana pun untuk menjadi sebuah media itu sendiri.
 
Podcast itu industri yang sangat segmented dan individual, di mana individu itu sendiri yang menjadi media. Lalu, tampil di platform yang berbasis audio. Jadi menurut saya, podcast ini adalah radio yang berbasis individu dan akan sangat bertahan lama, tutur Budi.
 
Oleh karena itu, menyiapkan masyarakat untuk masuk ke ruang digital dengan aman dan produktif dinilai menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan saat ini. Materi itu kemudian disisipkan melalui empat kurikulum khusus, yaitu teknis, etika, budaya, serta keamanan dalam ruang digital.
 
Podcast Literasi Digital dapat ditonton melalui kanal YouTube Siberkreasi, serta didengarkan melalui platform Spotify pada kanal Siberkreasi. Yuk, dengarkan Podcast Literasi Digital agar generasi Indonesia #MakinCakapDigital. Bagi netizen yang juga ingin belajar tentang dunia podcast, bisa bergabung di kelaspodcastsiberkreasi.com untuk belajar podcast gratis dengan mentor-mentor keren!

ARTIKEL PILIHAN

Semarakkan Hari Anak Nasional 2021 melalui Kegiatan #AnakIndonesiaMakinCakapDigital


Selengkapnya
Kementerian Kominfo Bersama GNLD Siberkreasi dan Facebook Bekerja Sama Mengadakan Kelas Asah Digital


Selengkapnya
Tips dan Trik membuat Konten Sosial Media dari Raditya Dika


Selengkapnya
Nge-Zoom Bersama Nicholas Saputra: "Mengulik Sosial Media yang Penuh Privasi"


Selengkapnya
Komunitas Yang ada Di SIberkreasi

# A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
COPYRIGHT © 2020 SIBERKREASI.ID