Menggunakan Karya Foto/Ilustrasi Di Internet Untuk Keperluan Pribadi

09 Maret 2021

GNLD Siberkreasi

Share to:

Maraknya curi-mencuri dan melanggar hak cipta, itu tandanya masih ada yang belum paham tentang pelanggaran hak cipta lho! Yuk, simak segmen baru Siberkreasi, di; Boleh atau Tidak?

Mungkin kalian di sini sering banget liat beberapa kasus selebriti, figur publik, ataupun sebuah UMKM yang melanggar hak cipta karena menggunakan karya seni orang lain tanpa izin. Tentunya hal ini dikecam oleh sang seniman atau pemilik karya. Nah, biar kita semua tau kenapa menggunakan karya seni orang lain tanpa izin itu dilarang, yuk simak artikel Boleh atau Tidak.

Hak Cipta diatur dalam Pasal 1 angka 1 Undang – Undang Hak Cipta No.28 Tahun 2014, Hak Cipta merupakan Hak Eksklusif sang pemegang hak cipta. Hak Eksklusif Hak Eksklusif adalah hak yang melekat erat kepada pencipta dan merupakan kekuasaan pribadi atas ciptaan tersebut. Itu berarti, orang lain tidak boleh menggunakan karya cipta tersebut tanpa izin pencipta. Hak Ekonomi Selain itu, pencipta juga memiliki Hak Ekonomi yakni pencipta memiliki hak untuk mendapatkan keuntungan atas ciptaannya. Contoh-contoh pelanggaran hak cipta di era digital 1. Penggunaan Seni Tanpa Lisensi oleh Pamungkas 2. Penggunaan Ilustrasi tanpa izin oleh Karin Novilda 3. Pelanggaran hak cipta lagu oleh Gen Halilintar Boleh atau Tidak? Jawabannya adalah, Tidak! Jangan menggunakan karya orang lain untuk kepentingan pribadi (contoh;bisnis) kecuali dengan izin pencipta karya tersebut!

ARTIKEL PILIHAN

Semarakkan Hari Anak Nasional 2021 melalui Kegiatan #AnakIndonesiaMakinCakapDigital


Selengkapnya
Kementerian Kominfo Bersama GNLD Siberkreasi dan Facebook Bekerja Sama Mengadakan Kelas Asah Digital


Selengkapnya
Tips dan Trik membuat Konten Sosial Media dari Raditya Dika


Selengkapnya
Nge-Zoom Bersama Nicholas Saputra: "Mengulik Sosial Media yang Penuh Privasi"


Selengkapnya
Komunitas Yang ada Di SIberkreasi

# A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
COPYRIGHT © 2020 SIBERKREASI.ID