Kementerian Komunikasi dan Informatika Maksimalkan Literasi Digital di Tengah Masa Pandemi

22 Juli 2021

GNLD Siberkreasi

Share to:

Jakarta, 22 Juli 2021 – Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama dengan Siberkreasi dan Ruang Guru telah mengadakan Webinar Makin Cakap Digital dengan tema “Impelementasi Literasi Digital di Tengah Pandemi”, yang berlangsung melalui platform Zoom Meeting pada tanggal 22 Juli 2021, serta diikuti oleh sekitar 1.200 partisipan dan disaksikan oleh 2.400 penonton di platform Youtube. 

Kian tahun jumlah pengguna internet di Indonesia kian meningkat. Apalagi di masa pandemi, dimana manusia mulai memanfaatkan teknologi internet dan komputer untuk beraktifitas, seperti untuk bekerja, bersekolah, berbisnis, dan beribadah. Kemajuan teknologi dan peningkatan utilisasinya harus diimbangi dengan literasi digital. Literasi digital bertujuan untuk mempersiapkan masyarakat guna menjadi pengguna internet yang cerdas dan bijak, bahkan menjadi pengelola internet agar manfaatnya dapat dirasakan secara maksimal di seluruh lini kehidupan.  

Oleh sebab itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika melihat masa pandemi sebagai peluang untuk makin menggencarkan literasi digital di Indonesia dengan memanfaatkan teknologi, serta bekerjasama dengan berbagai mitra dan pemangku kepentingan. Webinar ini menghadirkan narasumber-narasumber berkualitas dari berbagai sektor, yang meliputi sektor pemerintahan, sektor pendidikan, sektor platform digital, dan bahkan public figure.  

Semuel A. Pangerapan selaku Direktur Jenderal Aplikasi Informatika dan Bonifasius W. Pudjianto selaku Direktur Pemberdayaan Informatika hadir mewakili sektor pemerintahan, menjelaskan mengenai pentingnya literasi digital serta peran Kemenkominfo dalam percepatan implementasi literasi digital masyarakat. Ternyata Indonesia masih memiliki tingkat literasi digital yang relatif rendah jika dibandingkan dengan negara lain. Indonesia juga membutuhkan 600.000 talenta digital setiap tahunnya. Melihat hal ini, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah mengupayakan pemerataan pembangunan infrastruktur jaringan internet di seluruh wilayah Indonesia. Kemenkominfo juga tengah melaksanakan Program Nasional Literasi Digital di 514 kabupaten/kota di Indonesia, serta pemberian Digital Talent Scholarsip kepada generasi muda agar dapat menjadi talenta digital yang unggul untuk memajukan bangsa Indonesia. 

Selanjutnya, Prof. Dr. Ir. R. Eko Indrajit sebagai Pakar Teknologi Informatika sekaligus Rektor Universitas Pradita hadir mewakili sektor pendidikan. Prof. Eko mengungkapkan bahwa tenaga pendidik terus melakukan adaptasi untuk mencapai kesiapan proses pendidikan daring dengan mengasah kompetensi digital identity, digital use, digital safety, digital security, digital emotional intelligence, digital literacy, dan digital rights. Sebab, apabila tenaga pendidik memiliki literasi digital yang baik, maka mereka dapat mensosialisasikan dan mengajarkan literasi digital kepada para murid/mahasiswa, serta mendorong generasi muda untuk berpartisipasi dalam upaya literasi digital bagi seluruh masyarakat. 

Iman Usman selaku founder Ruang Guru dan Angga Yunanda selaku brand ambassador Ruang Guru juga menjelaskan tentang peran platform digital dalam implementasi literasi digital. Paltform digital seperti Ruang Guru membuat para guru dan konten-konten pengetahuan dapat diakses dengan mudah oleh para pelajar dimanapun mereka berada. Pengenalan proses pembelajaran daring melalui platform digital seperti ini secara tidak langsung melatih para murid untuk memiliki kecakapan digital dalam menggunakan teknologi dan membagikan informasi, yang berkontribusi pada literasi digital bagi generasi muda. 

Diharapkan berbagai sektor dan seluruh masyarakat urut berpartisipasi dalam mensosialisasikan dan mempercepat literasi digital yang menyeluruh di Indonesia. Masih ada banyak kegiatan menarik tentang literasi digital dari Kemenkominfo dan Siberkreasi agar masyarakat menjadi #MakinCakapDigital. Untuk mendapatkan informasi dan mengikuti kegiatan-kegiatan bermanfaat lainnya, ikuti akun sosial media @siberkreasi atau mengakses website info.siberkreasi.id.

ARTIKEL PILIHAN

Semarakkan Hari Anak Nasional 2021 melalui Kegiatan #AnakIndonesiaMakinCakapDigital


Selengkapnya
Kementerian Kominfo Bersama GNLD Siberkreasi dan Facebook Bekerja Sama Mengadakan Kelas Asah Digital


Selengkapnya
Tips dan Trik membuat Konten Sosial Media dari Raditya Dika


Selengkapnya
Nge-Zoom Bersama Nicholas Saputra: "Mengulik Sosial Media yang Penuh Privasi"


Selengkapnya
Komunitas Yang ada Di SIberkreasi

# A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
COPYRIGHT © 2020 SIBERKREASI.ID