#HatiHatiDiInternet Ujaran Kebencian Diatur UU ITE

04 Juni 2021

GNLD Siberkreasi

Share to:

Ujaran kebencian banyak sekali kita temukan di media sosial. Mimin ga akan pernah bosen buat ngingetin Netizen Asyik buat selalu berhati-hati ketika bercuit di media sosial, karena saat ini ada UU ITE yang mengatur tentang ujaran kebencian. 

#HatiHatiDiInternet kali ini bakal ngebahas soal UU No.19 Tahun 2016 Jo UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik yang mengatur tentang hukum pencemaran nama baik, penghinaan dan ujaran kebencian.

"Setiap orang yang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku,agama, ras, dan antargolongan (SARA)".

Menurut Direktur Program Institue for Criminal Justice Reform (ICJR), Erasmus Napitupulu, acuan utama dari ujaran kebencian yang dimaksud dalam UU ITE mengacu pada pasal 156 Kitab UU KUHP. Dalam hukum menurut Erasmus, Pasal 156 KUHP, yang termasuk dalam tindakan ujaran kebencian adalah menyatakan persaaan permusuhan, kebencian atau penghinaan terhadap satu atau beberapa golongan rakyat Indonesia. Pada hal ini yang dimaksud dengan golongan yaitu seluruh rakyat Indonesia dilihat dari ras, agama, tempat, asal, keturunan, kebangsaaan atau kedudukan menurut hukum tata negara. 

Lalu, hukumannya seperti apa untuk kasus tersebut di atas?

"Setiap orang yang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku,agama, ras, dan antargolongan (SARA) sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (2) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6(enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp. 1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah)".

Sebagai generasi penerus bangsa, kita harus lebih bijak dan berhati-hati dalam menggunakan media sosial yaa Netizen Asyik Indonesia. Inget, jari yang salah bisa bikin kalian kena musibah. #HatiHatiDiInternet ya!

ARTIKEL PILIHAN

PRESIDEN LUNCURKAN PROGRAM LITERASI DIGITAL NASIONAL BERSAMA RATUSAN RIBU PESERTA DARING


Selengkapnya
Kominfo Gelar Ruang Pamer Literasi Digital


Selengkapnya
KOMINFO LUNCURKAN MODUL LITERASI DIGITAL UNTUK BANGUN “IMUNITAS” WARGA DARI PENGARUH NEGATIF DUNIA DIGITAL


Selengkapnya
4 Ajakan #sosmedbaik ala SIberkreasi


Selengkapnya
Komunitas Yang ada Di SIberkreasi

# A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
COPYRIGHT © 2020 SIBERKREASI.ID